My Instagram

My Instagram
My #2015bestnine in Instagram is still the best :)

Sabtu, 15 April 2017

Kiat – Kiat Mencari Duit Ala KDU MP34

Uang merupakan alat tukar yang diakui oleh umat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

DALAM BERORGANISASI, CARA MENCARI UANG GIMANA ?

-          Siapkan Uang Kas / tolong dirimu sendiri
-          Cari Sumber Pemasukan TETAP
-          Kurangi Pengeluaran (Efektifkan Dana)
-          Cari Iklan untuk majalah MP, MP News, radio dsb
-          IKUTI LOMBA yg hadiahnya besar
-          Kerja dibidang yg kalian suka (Fotografer, Nulis di media dsb)
-          CARA KREATIF LAINNYA (Jualan motor, adakan nobar)

Contoh cara mencari uang :

-  Jualan makanan dsb
-  Jualan buku dsb
-  Jual Barang Bekas *Botol minuman, koran /majalah/buku bekas, baju bekas, kotak kue bekas, jualan jepun
- Cari Sponsor untuk acara besar seperti Presslist

PELAJARAN PENTING :

ž  Mencari sponsor harus didukung dengan rencana strategis
ž  Ada pertanyaan yang harus dijawab: Mengapa sebuah brand harus mensponsori acara kita ?
ž  Ini harus kita pikirkan baik-baik.
ž  Kalau perlu, kita pun bisa membuat customised proposal untuk masing-masing target sponsor.

Ribet memang, tapi diperlukan!

MASIH PENTING :

ž  Kita harus mengetahui betul apa kelebihan event kita.
ž  Kakak pernah mencari “sponsor” melalui media sosial
ž  Hal ini kakak lakukan bukan karena hanya ingin menyampaikan informasi ke orang banyak, tetapi karena kami memiliki sesuatu yang bisa disampaikan dan “ditawarkan” ke calon sponsor.

Penting Juga :

ž  Selain itu, penting sekali bagi kita untuk membangun “relationship” dengan calon sponsor.
ž  Jangan cuma datang untuk minta uang saja.
ž  Mungkin, sama seperti kita berteman dengan seseorang.
ž  Jangan cuma datang ketika “butuh” mereka saja, tetapi kita juga sebaiknya ada ketika mereka membutuhkan kita.

Perlu dipikirkan :

ž  Yang harus kita pikirkan baik-baik selain sponsorship packages adalah budget.
ž  Tidak akan ada pihak yang mau mensponsori kita apabila budget yang kita presentasikan tidak masuk di akal.
ž  Ada sumber “mengajarkan” saya untuk menghitung cost per head.
ž  Kata sumber, sponsor akan menghitung cost per head, yang berarti kira-kira seperti ini : Misalnya, kita membutuhkan dana 100 juta untuk program yang impact-nya hanya untuk 100 orang, berarti cost per head > 100 juta : 100 orang = 1 juta per orang.
ž  Mahal sekali, kan ? Berarti, kalau kita mau memiliki budget besar, impact-nya juga harus besar.
ž  Mengenai sponsorship packages menurut sumber, penting bagi kita untuk tidak hanya fokus ke masalah pemasangan logo dan umbul-umbul.
ž  Tidak semua perusahaan mau memasang umbul-umbul saja, apalagi jika investasinya di proyek kita relatif besar.
ž  Mereka bisa minta waktu untuk promosi produk / perusahaan : BERIKAN !!
ž  Bantuan yang bisa mereka berikan juga bisa berupa promosi acara, barang, peminjaman tempat dsb.
It’s not all about the money

Nah, setelah calon sponsor setuju untuk mendanai acara kita (dan kita setuju dengan kompensasi yang mereka minta), saatnya untuk membuat Memorandum of Understanding (MoU)/Surat Perjanjian Kerjasama (SPK).

            - Poin-poin di dalam MoU penting sekali untuk kita susun baik-baik.
            - Misalnya, sekian persen dana sponsorship harus diberikan pada H-14 via transfer bank
dan sisanya H+14.
            - Jangan lupa, ketika ada penandatanganan MoU, harus menggunakan materai (biasanya
yang nilainya Rp6000,-).
-          Apabila sponsor belum melunasi “janji”-nya di hari yg ditentukan, kita berhak bawel.
-          Bagaimanapun juga, itu adalah hak kita, sudah ada perjanjiannya, dan harus dilunasi.
-          Tapi, jangan lupa untuk menuntaskan semua kewajiban kita juga. Misalnya, kita sudah berjanji mau mention akun sponsor di Twitter, jangan sampai kelupaan.

Kesimpulannya :

ž  Menurut sumber, yang penting dan pertama kali harus dilakukan adalah mengetahui betul-betul apa kelebihan proyek yang kita rencanakan.
ž   Lalu, kita bisa membuat proposal yang menarik,
ž   menyusun budget yang masuk akal,
ž  dan mencari target sponsor.
ž  Contoh target sponsor, misalnya: Brand sportswear untuk acara olah raga, perusahaan IT untuk acara yang berhubungan dengan teknologi.
ž  Setelah itu, kita bisa mencaritahu siapa yang bisa kita temui di sana. Misalnya, caritahu alamat e-mailnya, tweet ke akun Twitternya, atau datang ke acara-acara perusahaan tersebut.

Curhat para divisi pengda

Banyak yang tidak mau berada di Divisi Sponsorship karena katanya “berat”.
            Padahal, ada begitu banyak ilmu yang bisa didapat, seperti network & negotiation skills.
            Selain itu, pas Hari H, Sponsorship adalah divisi yang paling nggak sibuk (seharusnya).
            Pas Hari H, tugas kita di Divisi Penggalian dana adalah menjaga perlengkapan sponsor
(seperti banner, umbul-umbul, booth) supaya nggak rusak.
            Kita juga harus menemani perwakilan sponsor yang menghadiri acara kita.

SELAIN SPONSOR, ADA IKLAN !!
CARA MENCARI :

1. RELASI
2. NEGOSIASI
3. RAJIN
SEMBAHYANG

BENTUK IKLAN :

- IKLAN PENUH
  1 HALAMAN
- ½ HALAMAN
- ¼ HALAMAN
- ADVERTORIAL

LOKASI pemasangan IKLAN :

- NAMPANG DI COVER (PALING MAHAL)
- DI BALIK COVER (MAHAL)
- COVER BELAKANG (MAHAL)
- DI DALAM MAJALAH / BUKU (STANDAR)

Yang harus diperhatikan :

- Motivasilah dirimu !!
            - CARI RELASI YANG BANYAK !
            - Pintarlah menggoda pihak sponsor
            - Jangan takut meminta / menerima bantuan dari teman yang dipercaya (ortu apalagi)
- Carilah sponsor yang menguntungkan
            - KUASAI ACARAMU
            - Beri keuntungan buat pihak sponsor, tapi jangan sampai merugikan MP

WIN WIN SOLUTION

Yang harus diwaspadai

ž  Hati – hati dengan pihak yang mencari keuntungan dengan merugikan kalian
ž  Jangan terlalu jual mahal / milih2 sponsor
ž  Sekarang makin banyak kegiatan yg dilakukan berbagai organisasi
ž  Jangan sampai menyakiti /   mengecewakan sponsor


*Materi ini didapatkan dari beberapa sumber dan pengalaman prinadi penulis. Penulis pernah membawakan materi ini dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Madyapadma Journalistic Park SMAN 3 Denpasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar